Kehidupan Masyarakat Pada masa praaksara (Masa berburu dan mengumpulkan makanan )

A.Masa berburu dan mengumpulkan makanan
        




kehidupan manusia pada masa berburu dan mengumpulkan makanan masih sangat sederhana.makanan diperoleh dengan cara berburu, mengumpulkan buah-buahan , mengumpulkan umbi-umbian,dan menangkap ikan.manusia pada masa ini hidup secara berkelompok dan memilih tempat tinggal di wilayah yang dengan dan bahan makanan dan sumber air.


Alam sekitar merupakan tempat manusia mencari makanan . Interaksi manusia dengan alam menunjukkan bahwa indonesia memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia Purba bekerja sama dengan kelompoknya untuk menghindari bahaya serangan binatang buas,terik matahari dan hujan . mereka sudah memiliiki kemampuan membuat lubang-lubang jebakan , batu-batu bulat yang diikat dan dan jerat.

Manusia pada masa ini tinggal di gua-gua atau membuat tempat tinggal di atas pohon besar.Manusia yang tinggal di gua-gua dikenal sebagai cavemen.

Manusia Purba membutuhkan api untuk mamasak dan penerangan pada malam hari.Api dibuat dengan cara menggosokkan dua keping batu yang mengandung unsur besi sehingga menimbulkan percikan api dan membakar lumut atau rumput kering yang telah disiapkan.


EmoticonEmoticon