Macam-Macam Tulang Berdasarkan Bentuknya

Berdesarkan bentuknya,tulang dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu tulang pipa,tulang pipih,tulang pendek dan tulang tidak beraturan



1).Tulang Pipia
     Tulang pipa berbentuk tabung,berongga dan memanjang. Tulang pipa terdapat pada lengan atas,          tulang hasta, tulang pengumpil, tulang telapak tangan, tulang ruas jari tangan, tulang selangka,            tulang paha, tulang kering , tulang betis, tulang telapak kaki dan tulang ruas jari kaki.

                Tulang pipa terdiri atas tiga bagian yaitu epifisis,diafisis, dan cakra epifisis. Epifisis                  terdapat pada kedua ujung tulang.Epifisis tersusun dari tulang rawan.Diafisis terdapat pada bagian      tengah tulang yang memanjang dan memiliki rongga pada bagian dalamnya.Pada bagian dalam          diafisis terdapat sumsum merah dan sumsum kuning. Sumsum merah sebagai tempat                            pembentukan sel-sel darah dan sumsum kuning sebagai tempat pembentukan sel-sel lemak.

2).Tulang Pipih
     Tulang pipih berbentuk lempengan pipih dan lebar. Tulang pipih tersusun dari dua buah                      lempengan, yaitu lempengan tulang kompak dan lempengan tulang spons. Di antara kedua                  lempengan tersebut terdapat sumsum merah. Tulang pipih terdapat pada tulang-tulang penyusun          tengkorak dan wajah, tulang dada, tulang rusuk dan tulang belikat.

3)Tulang Pendek
    Tulang pendek berbentuk seperti kubus atau bulat. Tulang pendek berisi sumsum merah yang              berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah merah dan sel darah putih. Tulang pendek                  terdapat pada tulang pergelangan tangan, tulang pergelangan kaki, tulang tempurung lutut dan            ruas-ruas tulang belakang

4).Tulang tidak beraturan
     Tulang tidak beraturan merupakan gabungan dari berbagai bentuk tulang.Tulang ini tersusun dari        tulang spons dan tulang kompak yang diselubungi periosteum .Periosteum tersebut berfungsi              untuk menyuplai tulang spons dan tulang kompak.Tulang tidak beraturan terdapaat pada tulang          rahang dan ruas-ruas tulang belakang.

1 komentar:

This comment has been removed by a blog administrator.


EmoticonEmoticon