Siklus Menstruasi

Haid atau menstruasi adalah pendarahan secara peridok dan siklik dari uterus yang disertai peluruhan endometrium.Menstruasi terjadi jika ovum tidak dibuahi oleh  sperma.Pada umumnya siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari.Namun, siklus menstruasi tersebut bervariasi untuk setiap orang yaitu berkisar antara 24-40 hari. Siklus tersebut terdiri atas empat fase sebagai berikut.

A.Fase menstuasi
Fase Menstruasi, terjadi pada hari ke-1 hingga ke-5 dari siklus menstruasi. Fase ini imulai saat produksi progestreon dihentikan. Pada fase ini dinding rahim yang semula menebal akan meluruh deisertai pendarahan.

B.Fase proliferasi
Fase proliferasi dan ovulasi, terjadi pada hari ke-6 hingga ke-14.Fase ini merupakan tahap penyembuhn pembuluh-pembuluh darah yang pecah pada saat terjadinya menstruasi.FSH (Follicle Stimulatin Hormone) mulai diproduksi untuk memacu pematangan ovum di ovarium. Pada saat yang sama estrogen juga dihasilkan untukmemacu penebalan dinding rahim . Adanya peningkatan kadar estrogen mengakibatkan terhambatnya pembentukan FSH sehingga hipofisis melepaskan Luteinizing Hormone (LH). LH merangsang terjadinya ovulasi.Ovulasi biasanya terjadi pada hari ke-1 dihitung sejak hari pertama menstruasi. Pada saat ovulasi,oosit sekunder terlepas dari folikel.

C.Fase sekrese
Fase sekrase, terjadi pada hari ke 15 hingga ke-28 setelah menstruasi. pada fase ini hormon progesteron memacu terjadinya penebalan dinding rahim. Apabia terjadi pembuahan, produksi progesteron dilanjukan. Selain itu estrogen juga memproduksi diproduksi.Hormon-hormon ini berperan dalam proses implantasi embrio.Produksi progesteron dan estrogen dihentikan jika tidak terjadi pembuahan



EmoticonEmoticon