Fungsi Medan Magnet Pada Migrasi Hewan

 Medan magnet bumi adalah daerah di sekitar bumi yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik bumi.Sebagian besar hewan memanfaatkan medan magnet bumi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Hewan mampu mendeteksi medan magnet bumi karena di dalam tubuh hewan terdapat magnet. Fenomena tersebut dinamakan Biomagnetik, lalu hewan apa sajakah yang memanfaatkan magnet bumi untuk migrasi? cermati uraian di bawah yang menunjukkan beberapa hewan yang melakukan migrasi di bumi.

1.Migrasi Burung.


migrasi burung

   Berberapa jenis burung, misal burung elang dan burung layang-layang melakukan migrasi pada tiap musim tertentu.Burung tersebut menggunakan partikel magnetik yang ada pda tubuhnya untuk menciptakan peta navigasi dengan memanfaat medan magnet bumi.Medan magnet bumi juga digunakan burung merpati pos pada zaman dahulu, ternyata merpati memanfaatkan medan magnet bumi sebagai penunjuk arah pulang.

2.Migrasi Salmon
ikan salmon

   Ikan salmon adalah ikan yang hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Ikan salmon merupakan ikan yang melakukan migrasi untuk berkembang biak. Ikan salmon memiliki kemampuan kebali ke aliran sungai air tawar tempat awal mereka mentetas dan tumbuh setelah berenang ribuan kilometer mengarungi lautan.

3.Migrasi Penyu.

Penyu
   Seorang peneliti bernama Kenneth Lohmann dari Universitas Carolina Utara mempelajari tingkah laku penyu saat dihadapkan dengan medan magnet yang berbeda-beda. Peniliti tersebut meletakkan penyu ke dalam sebuah wadah yang dikelilingi alat yang dapat menimbulkan medan magnet.Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penyu mengikuti jalur migrasi yang diberikan.Pergerakan penyu dalam mengikuti jalur medan bertujuan untuk menjaga penyu agar tetap berada di lautan yang hangat dan wilayah yang kaya akan sumber makanan.

4.Migrasi Lobster Duri.

   Lobster duri merupakan Lobster air laut yang melakukan migrasi. Kenneth Lohmann meneliti kemampuan  Lobster duri untuk mendeteksi medan magnet dengan cara meletakkan Lobster duri ke dalam bak air yang dapat diaatur medan magnetnya.Setiap kali medan magnet diubah,lobster duri akan menyesuasikan diri untuk tetap bergerak menuju arah kutub utara. Hasil penilitian menunjukkann bahwa lobster duri mampu merasakan medan magnet bumi untuk memandu migrasi yang dilakukan dari lepas lantai florida menuju lautan lepas yang lebih hangat dan tenang di setuap akhir musim gugur.

Referensi : Bukju ipa kelas 9 terbitan intan pariwara


EmoticonEmoticon