Pengertian Tindakan Sosial dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial Menurut Max Weber Beserta Contohnya

Manusia sebagai makhluk sosial pasti melakukan suatu tindakan, tindakan apa pun yang kita lakukan bisa jadi memengaruhi atau dipengaruhi oleh orang di sekitar kita.Pengaruh itu bisa berasal dari keluarga ataupun masyarakat yang lebih luas. Tindakan sosial menurut Max Weber adalah suatu tindakan individu selama tindakan tersebut memiliki makna yang bersifat subjektif untuk dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain. Tindakn sosial dibedakan menjadi empat jenis sebagai berikut.

Tindakan Sosial

Tindakan Sosial Instrumental
Tindakan ini bersifat rasional (masuk akal), Tindakan sosial intrumental merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang ataupun kelompok yang berdasarkan atas pertimbangan dan juga dilakukan secara sadar untuk mencapai suatu tujuan. Contohnya : Budi adalah seorang siswa yang sering datang ke sekolah terlambat karena bangun kesiangan, Budi suka menonton TV sampai larut malam, karena Budi kapok diberi hukuman oleh ibu guru, maka Budi memutuskan untuk tidak menonton TV sampai malam dan datang tidak terlambat datang ke sekolah.

Tindakan Sosial Berorientasi Nilai
Tindakan sosial ini dilakukan oleh orang karena tindakan tersebut dinilai baik dan benar oleh masyarakat. Tindakan ini mendahulukan nilai sosial maupun agama yang ia miliki, sedangkan tujuan tindakan tidak terlalu diperhitungkan. Contohnya : Bagus melihat pengemis yang berada di pinggir jalan, karena kasihan bagus memberikan sejumlah uang kepada pengemis tersebut, ia memberikan uangnya menggunakan tangan kanan. Tindakan itu di lakukan karena masyarakat memandang bahwa tangan kanan lebih sopan daripada menggunakan tangan kiri.

Tindakan Sosial Tradisional
Tindakan sosial ini dilakukan karena kebiasaan yang berlaku selama ini dalam masyarakat yang disebabakan karena kebiasaan yang dimiliki nenek moyang. Tindakan ini cenderung dilakukan tanpa suatu rencana untuk tujuan maupun caranya, karena tindakan ini pada dasarnya mengulang dari yang sudah dilakukan sebelumnya. Contohnya : Setiap berangkat sekolah dan pulang sekolah Shinta selalu mencium tangan orang tuanya.

Tindakan Afektif 
Tindakan ini tergolong tindakan tindakan irasional karena sebagian besar tindakan ini didorong oleh perasaan ataupun emosi tanpa perhitungan yang matang. Perasaan cinta,gembira, marah atau sedih muncul begitu saja sebagai ungkapun langsung terhadap keadaan tertentu. Itulah mengapa tindakan sosial ini lebih berupa reaksi spontan. Contohnya : Seorang Ibu yang langsung menjiwit anaknya yang sedang berprilaku tidak baik
loading...


EmoticonEmoticon